Tips n Triks : Kenali 7 Musuh Cat Mobil Anda

Cat mobil ibarat kulit pada tubuh manusia. Perlu dirawat dan dijaga. Selain merusak keindahan, cat yang tak terawat bisa mengundang karat datang. Nah, beberapa hal ini perlu menjadi perhatian para pemilik mobil.
  1. Getah pohon. Masalah: Menempel erat di permukaan cat, memicu pengelupasan cat.
    Cara mengatasi: Gunakan pelarut cat berdaya rendah untuk membersihkan getah yang menempel. Jangan terlalu keras menggosoknya. Bisa juga menggunakan bensin untuk melarutkan getah.
  2. Lap atau busa pembersih yang kotor. Masalah: Partikel kotoran yang kasar justru menggores lapisan cat.
    Cara mengatasi: Selalu pastikan lap dan busa yang kita pakai dalam keadaan bersih sebelum digunakan untuk mengelap mobil.
  3. Kotoran burung. Masalah: Biji-bijian yang tidak tercerna dengan baik dan ikut dalam kotoran burung bisa menggores cat. Selain itu, substansi asam yang terkandung dalam kotoran burung bisa merusak cat.
    Cara mengatasi: Semprot dulu kotoran burung dengan air sebelum diusap dengan lap. Jangan digosok, karena bisa menggores cat. Larutan asam yang bisa meninggalkan noda di permukaan cat harus dibersihkan dengan sabun pembersih khusus mobil.
  4. Serangga. Masalah: Substansi asam yang terkandung dalam cairan tubuh serangga bisa merusak lapisan cat.
    Cara mengatasi: Segera bersihkan serangga yang mati di kaca atau badan mobil sebelum asam meresap ke dalam cat. Bersihkan noda yang membandel dengan sabun pembersih khusus mobil.
  5. Tumpahan bahan bakar dan oli (termasuk minyak rem). Masalah: Bisa meresap ke dalam lapisan cat dan hampir mustahil dibersihkan.
    Cara mengatasi: Bersihkan sesegera mungkin dengan kain microfiber (kanebo).
  6. Sarung mobil. Masalah: Sarung yang tembus air justru membuat air terperangkap di bawahnya, mempercepat berkembangnya jamur.
    Cara mengatasi: Pilih sarung mobil yang kedap air. Gunakan sarung mobil berwarna mengkilap (seperti silver) sehingga panas matahari dipantulkan.
  7. Sabun. Masalah: Sabun dengan pH tinggi seperti deterjen justru akan membuat cat mobil kusam. Sabun colek ada yang mengandung butiran kasar, bisa menggores cat mobil.
    Cara mengatasi: Gunakan sampo atau sabun khusus untuk mencuci mobil.
Jika kita sudah mengupayakan cara tersebut namun kotoran masih membandel, segera bawa mobil ke salon mobil, sebelum semakin parah.

author : J.B. Satrio Nugroho
sumbernya gan... 

Tidak ada komentar: