TIPS DAN TRIK : Tips Kohar – Gesekan kecil Tenaga besar

Sepintas kata “gesekan” akan mengakibatkan keausan pada komponen dan menimbulkan panas yang tinggi pada mesin motor, alhasil power motor ngedrop karena tenaga terbuang jadi panas.
Benar,… prinsip dasar hasil pembakaran mesin pasti menghasilkan tenaga yang sangat besar, hanya saja tidak semua tenaga yang dihasilkan terpakai untuk menggerakan roda belakang.
Berikut ilustasinya :
[5%] – Terbuang langsung menjadi panas
[5%] – Rugi gesekan mekanikal
[---25% --- ] – Tenaga yang dipakai
[-----30%-----] – Panas terbuang pada system pendinginan
[ -------35%------] – Panas terbuang di Knalpot
Dari data di atas terlihat jelas, tenaga hasil pembakaran yang terpakai hanya 25%, sisanya terbuang jadi panas dan gesekan. Sedangkan panas yang terbuang pada system pendinginan sebesar 30%. Sistem pendinginan ini termasuk radiator dan OIL.
Jadi apa yang kita lakukan untuk meningkat tenaga ?, dari hal yang paling sederhana yaitu mengurangi gesekan mesin dan menjaga temperatur mesin agar tidak terlalu panas.
KEAUSAN
Komponen mesin yang terkena gesekan paling besar yaitu Cam Shaft (Noken As) dan Ring Piston.
Kedua komponen ini yang sangat berperan untuk menjaga performa mesin tetap bertenaga dan hemat bahan bakar.
Makanya 2 komponen ini harus dilindungi oleh pelumas yang berkualitas. Selama bertahun-tahun BRT bersama Federal Oil meneliti ketahanan mesin balap yang tangguh dan mampu melalap 50 laps non stop. Sambil mencari formula campuran additive yang tepat untuk mengurangi gesekan dan meredam temperatur mesin agar tetap dingin. Akhirnya lahirlah Federal Oil Racing 4T dan Super Matic Racing.
Saat itu, diputuskan oil SAE 10/30 SJ yang lebih encer dibanding SAE 20/50. Alasannya biar putaran mesin lebih enteng dan bertenaga, akhirnya bahan bakar menjadi irit.
Uji perfoma dilakukan pada motor Yamaha Mio, Honda BeAT, Yamaha Jupiter Z dan Supra 125.
Teori kami terbukti, uji performa oli lebih encer akan meningkat tenaga mesin hingga 0.5Hp dan mesin lebih adem 5?C. (lihat grafik dyno dibawah).
hasil dyno
Tidak puas sampai disini, BRT melakukan uji gesekan pada noken as dan ring piston. Uji ini kami membandingkan dengan oil merek lain yang sangat popular dibalap dan dipasar.
Meningkatkan tenaga motor, jangan selalu berpikir yang rumit, tetapi harus berpikir simpel, tepat guna dan cepat. Yang lebih penting lagi jangan sampai meningkatkan tenaga tapi mengorbankan daya tahan mesin.
Ada beberapa hal sederhana yang dapat mengurangi gesekan dan menimbulkan tenaga, yaitu :
  1. Mengganti OIL yang lebih encer (disesuaikan dengan kebutuhan).
  2. Membuat tensioner cam chain menjadi manual.
  3. Mengganti kampas dan perkopling berbahan green paper (khusus untuk kopling manual).
  4. Mengganti Bearing tipe C3 Series berbahan keramik.
Jadi jangan berpikir terlalu rumit karena dengan mengganti oil berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan akan meningkatkan performa dan memperpanjang umur mesin anda.
Hasil Uji coba OIL MATIC Biasa SAE 10W/40 SJ vs FEDERAL OIL SUPERMATIC SAE 10W/30 SJ
uji coba oil
RING PISTON 10% MINIM GESEKAN
piston
Dari percobaan di atas membuktikan berlakuknya hukum kekekalan energi yaitu energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, tetapi hanya berubah bentuk.
Jadi kita harus konsen untuk mengurangi gesekan dan meredam panas.
Kata Kunci :
Minim gesekan berarti mengurangi panas mesin sehingga mesin lebih awet , tenaga menjadi bertambah besar dan hemat BBM. (Tomy Huang – BRT R&D)http://ahass.net