TIPS DAN TRIK : CARA CEPAT BELAJAR MENGENDARAI MOTOR MATIC


Beberapa tahun belakangan ini tren sepeda motor matic sangat menggila. Kalau dulu ada anggapan bahwa sepeda motor matic adalah sepeda motor buat para ban*i, sekarang sudah tidak ada anggapan seperti itu lagi. sekarang ini mulai ibu ibu, remaja cewek atau cowok, bapak bapak, sampai cowok yang berbadan kekar pun semua naik motor matic. Karena motor matic ini sangat mudah untuk dikendarai, tinggal start, tarik rem, tarik gas langsung gud bai deh. 
    
Tapi tahukah anda bahwa ada cara cepat mempelajari sepeda motor matic ini. tentu saja artikel ini ditujukan bagi mereka yang baru saja dapat hadiah atas keberhasilannya. misal remaja2 yang baru masuk sekolah menengah atas., atau yang baru naik kelas dan oleh ortunya dibelikan sepeda motor matic. 
    
Jika sebelumnya kita juga belum bisa naik sepeda sama sekali sebaiknya belajar terlebih dahulu, karena resikonya lebih kecil daripada langsung belajar menggunakan motor matic.
  
Cara belajar naik sepeda atau motor matic sangatlah mudah (khusus untuk yang belum bisa mengendarai sepeda) :
 1. Cari tempat atau jalan turunan yang tidak terlalu curam, lebih baik lagi jika berlokasi di daerah rerumputan, agar jika jatuh tidak terlalu besar kerusakannya.
 2. Untuk sepeda tidak perlu mengayuh, untuk motor matic tidak perlu menyalakan dan menarik gas.
3. Posisi awal dari tempat yang lebih tinggi menuju ke posisi akhir di tempat yang lebih rendah.
4. Biarkan sepeda atau motor melaju turun dengan sendiri ke tempat yang lebih rendah (mengalir).
5. Untuk motor sebaiknya mencari tempat yang memiliki perbedaan ketinggian yang cukup agar motor dapat turun dengan sendirinya.
 6. Pertahankan laju dalam kecepatan yang cukup dengan menggunakan rem.
7. Disini yang paling penting adalah kemampuan mengatur keseimbangan.
8. Jika keseimbangan sudah mudah dikontrol, selanjutnya kita bisa melaju dengan mengayuh sepeda atau menarik gas motor matic.

 Catatan:
 1. Jika kita telah berhasil menguasai keseimbangan sepeda atau motor matic berarti kita sudah lulus dalam belajar mengendarainya.
2. Kecepatan mempengaruhi keseimbangan. Dengan kecepatan terlalu rendah agak sulit menjaga keseimbangan. Disarankan agar cukup dalam kecepatan.
3. Yang terpenting niat dan semangat tanpa rasa malu belajar.

Beberapa hal/tips yang perlu diketahui dalam menggunakan ataupun belajar motor matic (hampir semua motor matic sama dalam fungsi dan caranya):
 1. Motor bisa dinyalakan jika tuas rem ditarik.
 2. Motor tidak bisa dinyalakan jika standart samping diturunkan.

Itulah beberapa tips dan trik tentang cara cepat belajar mengendarai motor matic. semoga bermanfaat.

Bonus matic buat agan2

sumber