TIPS DAN TRIK : 9 Tips Belanja Via Internet Online Yang Aman dan Tidak Boros

sumber diambil dari TDWClub.com
Belanja dan jual online via internet memang hal yang menyenangkan karena cara ini sangat menguntungkan bagi pembeli dan penjualnya. Keuntungan bagi pembeli, Anda bisa melihat-lihat koleksi si penjual secara gratis dan mendapatkan kenyamanan berbelanja walaupun ada satu kelemahannya barang yang ingin kita beli tidak bisa kita merasakannya. Sedangkan bagi penjual, tidak perlu membuka toko sehingga lebih hemat biaya.



Berikut 9 tips belanja online yang aman dan cermat untuk Anda para yang gemar belanja online, sbb:

1. Gunakan satu kartu kredit dan satu nomor rekening
Biasanya dalam bisnis online dalam melakukan pembayaran yaitu dengan kartu kredit atau transfer via bank, kami merekomendasikan penggunaan hanya dengan satu kartu kredit atau satu nomor rekening. Hal itu agar dapat memudahkan pengembalian uang (refund) akibat pembatalan belanja atau problem lainnya.


2. Periksalah secara teratur keuangan
Agar terhindar dari pemborosan, sebaiknya Anda mengetahui budget belanja Anda. Dengan begitu Anda dapat mengontrol semua transaksi belanja online yang dilakukan. Jangan sampai Anda menjadi boros dengan belanja online ini.

3. Berhati-hati dalam memberikan informasi pribadi
Sebisa mungkin Anda memberikan informasi pribadi yang standar, seperti nama, alamat, nomor telepon atau nomor rekening untuk pengembalian uang bila terjadi pengembalian barang. Ketika melakukan pemesanan, pastikan Anda mencatat nomor telepon dan alamat penjual online dengan jelas.

4. Pastikan situs online aman
Untuk lebih aman, saat terjadinya transaksi pastikan alamat web menjadi http://. Sekarang ini cukup banyak situs palsu yang jika dibuka malah membuat komputer atau akun Anda terserang virus. Pastikan juga pada saat Anda mengklik order perhatikan browser bar, apakah terdapat tanda seperti gembok atau secure. Ini berarti tanda aman dari internet tersebut.

5. Belanja produk yang dibutuhkan saja
Untuk mengurangi pemborosan karena penawaran si penjual, maka belanja lah sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan semata. Teruslah mencari situs belanja online yang paling baik. Untuk membeli barang dari brand ternama, sebaiknya langsung menuju situs asli mereka sehingga barang yang Anda beli terjamin keasliannya. Ini menghindari para oknum yang mau berbuat curang dengan mengambil keuntungan dari produk tersebut dan perkembangan dunia internet saat ini.

6. Reputasi penjual online
Jangan tertipu dengan produk dan harga yang ditawarkan. Anda juga harus memperhatikan reputasi penjual tersebut. Biasanya dalam situs tersebut terdapat testimoni para pelanggannya sebagai nilai jual reputasinya. Ini menjadi jaminan kehandalan dari si penjual online.

7. Pilihan pembayaran
Dalam bertransaksi, setiap penjual situs online akan menawarkan berbagai cara pembayaran, seperti via kartu kredit, Paypal, dan transfer via bank. Pembayaran melalui transfer bank merupakan cara yang paling umum di Indonesia. Namun sekarang, banyak situs online yang menyediakan pembayaran melalui kartu kredit. Untuk itu Anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakan kartu kredit Anda.

8. Simpan bukti transaksi
Bila Anda telah membayarnya dengan mentransferkan sejumlah uang ke nomor rekening yang ditunjuk, maka simpanlah tanda bukti transfer tersebut. Begitu juga bila Anda membayarnya melalui kartu kredit, sebaiknya simpan bukti konfirmasi pembayaran yang dikirimkan ke email Anda. Agar jika suatu saat Anda ada masalah dengan situs tersebut, Anda bisa menggunakan bukti pembayaran tersebut.

9. Lakukan pengecekan harga
Sebelum membeli, sebaiknya Anda juga membandingkan harga di website lainnya dengan produk yang sama yang ada di kota Anda. Lihatlah perbandingannya, apakah harganya terpaut jauh atau tidak. Jika terpaut jauh, apa nilai tambah yang situ tersebut berikan dan apa yang kurang dari situs lainnya.