TIPS DAN TRIK : MENAMBAH TENAGA DENGAN MENGURANGI GESEKAN

Sepintas kata “gesekan”  akan mengakibatkan keausan pada komponen dan menimbulkan panas yang tinggi  pada mesin motor, alhasil power motor ngedrop karena tenaga  terbuang jadi panas.
Benar,… prinsip dasar hasil pembakaran mesin pasti menghasilkan tenaga yang sangat besar, hanya saja tidak semua tenaga yang dihasilkan terpakai untuk menggerakan roda belakang. Berikut ilustasinya :
Terbuang langsung menjadi panas    5%
Rugi gesekan mekanikal   5%
Tenaga yang dipakai  25%
Panas terbuang pada system pendinginan 30%
Panas terbuang di Knalpot 35%
Dari data di atas terlihat jelas, tenaga hasil pembakaran yang terpakai hanya 25%, sisanya terbuang jadi panas dan gesekan.
Sedangkan panas yang terbuang pada system pendinginan sebesar 30%. Sistem pendinginan ini termasuk radiator dan OIL.
Jadi apa yang kita lakukan untuk meningkat tenaga ?, dari hal yang paling sederhana yaitu mengurangi gesekan mesin dan menjaga temperatur mesin agar tidak terlalu panas.

 KEAUSAN
 Komponen mesin yang terkena gesekan paling besar yaitu Cam Shaft (Noken As) dan Ring Piston.
Kedua komponen ini yang sangat berperan untuk menjaga performa mesin tetap bertenaga dan hemat bahan bakar. Makanya 2 komponen ini harus dilindungi oleh pelumas yang berkualitas.
Selama bertahun2 kami bersama Federal Oil meneliti ketahanan mesin balap yang tangguh dan mampu melalap 50 laps non stop. Sambil mencari formula campuran additive yang tepat untuk mengurangi gesekan dan meredam temperatur mesin agar tetap dingin. Akhirnya lahirlah Federal Oil Racing 4T dan Super Matic Racing.
Saat itu, diputuskan oil SAE 10/30 SJ yang lebih encer dibanding SAE 20/50. Alasannya biar putaran mesin lebih enteng dan bertenaga, akhirnya bahan bakar menjadi irit.
Uji perfoma dilakukan pada motor Yamaha Mio, Honda BeAT, Yamaha Jupiter Z dan Supra 125.
Teori kami terbukti, uji performa oli lebih encer akan meningkat tenaga mesin hingga 0.5Hp dan mesin lebih adem 5◦C.
Tidak puas sampai disini, kami melakukan uji gesekan pada noken as dan ring piston. Uji ini kami membandingkan dengan oil merek lain yang sangat popular dibalap dan dipasar.

Noken As, bebas dari aus karena dilindungi oleh oil encer dan additive yang sempurna.

Ruang bakar bersih karena ring tidak macet dan tidak aus, sehingga oil tidak bocor ke ruang bakar.



Gesekan Ring piston lebih minim 10%
Dari percobaan di atas dapat dijelaskan berlakuknya hukum kekekalan ENERGI, bahwa energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, tetapi hanya berubah bentuk.
Jadi kita harus konsen untuk mengurangi gesekan dan meredam panas.

KATA KUNCI:
MINIM  gesekan berarti mengurangi panas mesin, sehingga mesin lebih awet , lebih bertenaga dan hemat bbm.

TIPS MENINGKATKAN TENAGA :
Meningkatkan tenaga motor jangan terlalu berpikir yang rumit dan sulit, tetapi harus berpikir lebih simpel, tepat guna dan cepat. Semua harus dilandasi dengan teori dan pengukuran yang benar.
yang lebih penting jangan sampai meningkatkan tenaga mesin tapi mengorbankan daya tahan mesin itu sendiri.

Ada beberapa hal sederhana yang dapat mebgurangi gesekkan dan meningkatkan tenaga mesin, sbb :
1. Mengganti oil dengan tingkat kekentalan (SAE) sesuai dengan spesifikasi mesin.
2. Membuat kem tensionel menjadi manual.
3. Mengganti kampas kopling dengan material green paper atau kevlar (khusus untuk kompling manual) dan jangan lupa sekalian per koplingnnya.
4. Mengganti bearing mesin dengan C3 berbahan dasar keramik.

Ane copas dari SUMBER : Tomy Huang